Path adalah sebuah aplikasi
jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya untuk
berbagi gambar dan juga pesan.
[1]
Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk
pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat.
[2] Dave Morin, salah satu dari pendiri Path dan
CEO
dari perusahaan tersebut berkata: “Yang menjadi visi utama kami adalah
untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan
pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.”
[2]
Perusahaan ini berawal dengan aplikasi pada iPhone dan juga website
lalu merilir versi Android kemudian. Perusahaan ini berkompetisi dengan
jejaring sosial lainnya seperti Instagram. Berpusat di San Fransisco,
California, perusahaan ini didirikan oleh Shawn Fanning dan mantan
Eksekutif dari Facebook, Dave Morrin. Path didirikan dengan tujuan
membuat sebuah jurnal yang interaktif bagi penggunanya.
Penggunaan Path berbeda dari jejaring sosial lainnya di mana hanya
pengguna yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path
seseorang. Status privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih
eksklusif dari berbagai jejaring sosial yang ada. Path dapat digunakan
di
iPhone,
iPad,
iPod Touch, dan
Android versi apapun.
Aplikasi ini tersebar melalui Apple Application Store dan berbagai situs aplikasi lainnya.
Sejarah
Penggalangan dana untuk mendirikian Path diawali oleh 3 pendiri Path
yaitu Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau. Penggalangan dana
ini berhasil mengumpulkan beberapa penyumbang di antaranya Ron Conway,
Paul Buchheit, Ashton Kutcher, dll. Pada bulan februari 2011, perusahaan
ini berhasil menggalang dana sebesar $8.5 juta untuk modal dasar yang
berasal dari Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Index Ventures
serta Digital Garage dari Jepang.
Pada bulan November dan Desember 2011, Path meluncurkan beberapa
fitur baru dan meningkatkan penggunanya dari 30.000 menjadi lebih dari
300.000 dalam waktu kurang dari 1 bulan. Pada Februari 2012, perusahaan
ini dikritik secara luas karena aplikasi ini mengakses dan menimpan
kontak yang ada di dalam telepon selular pengguna tanpa persetujuan dari
pengguna sendiri. Dalam sebuah blog yang diunggah oleh CEO Path
sendiri, perusahaan meminta maaf dan menyatakan bahwa Path telah
mengubah praktik ini.
Bagaimanapun, pada Maret 2012, perusahaan mendapatkan permintaan
untuk memberikan informasi dari representatif kongres Henry A. Waxman
dan G. K. Butterfield beserta 33 pengembang aplikasi lainnya yang
menanyakan secara detail informasi apa saja yang telah dikumpulkan dari
pengguna Path dan bagaimana mereka menggunakannya. Pada Februari 2013,
perusahaan ini dikenai denda sebesar $800.000 oleh FTC karena menyimpan
data dari pengguna di bawah umur dan diharuskan untuk evaluasi atas
kebijakan privasi setiap 2 tahunselama 20 tahun ke depan.
Fitur-Fitur Path
Profil
Fitur Profil memungkinkan pengguna Path untuk mengatur tampilan dari
halaman Path. Selain dapat mengubah gambar yang menjadi gambar profil,
pengguna juga dapat mengubah gambar dari latar belakang halaman Path
pengguna. Selain mengubah gambar, pengguna juga dapat menyambungkan
setiap momen yang diunggah. Path dapat mengunggah momen dari pengguna ke
dalam beberapa jejaring sosial lainnya seperti
Facebook,
Foursquare,
Tumblr dan
Twitter.
Belanja
Fitur belanja merupakan fitur terbaru yang diluncurkan oleh Path yang
memungkinkan pengguna untuk mengunduh stiker yang dapat digunakan dalam
mengirim pesan. Selain stiker, fitur belanja juga menyediakan beberapa
pilihan saringan untuk foto dan video. Setiap stiker dan filter yang
tersedia dalam fitur ini merupakan produk berbayar.
Mengunggah Foto dan Video
Fitur lain dari Path adalah foto dan video di mana pengguna dapat
mengunggah foto dan juga video untuk berbagi dengan pengguna lain.
Proses pengunggahan foto dapat melalui proses edit terlebih dahulu
dengan filter foto yang tersedia. Untuk unggahan video, pengguna dapat
mengunggah video yang ada dengan batas waktu tertentu. Mengunggah foto
dan video dapat dilakukan dengan mengambil data yang tersedia di dalam
telepon seluler ataupun mengambil foto dan video baru.
Mengunggah Lokasi
Path memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi berada dengan
pengguna lain. Fitur ini dapat tersambung dengan jejaring sosial
Foursquare apabila pengguna memiliki akun di jejaring sosial tersebut.
Penandaan lokasi dilakukan dengan
GPS yang terdapat di dalam telepon seluler pengguna dan mengakses data dari lokasi yang tersedia melalui Foursquare.
Musik, Film, Buku
Pengguna Path dapat membagikan musik yang sedang mereka dengar, film
yang sedang ditonton, atau buku yang sedang dibaca oleh pengguna sendiri
kepada pengguna lainnya. Data dari musik, film, dan buku dapat diambil
dari arsip Path sendiri. Pengguna terlebih dahulu mencari judul dari
lagu, film, dan buku yang diinginkan dan kemudian dipilih untuk
dibagikan dengan pengguna lain.
Mengunggah Status
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah status yang
diinginkan dengan menggunakan huruf serta emoticon yang ada. Fitur-fitur
Path ini dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu post.
Tidur
Fitur ini menandakan bahwa si pengguna sedang tidur dan dapat
menghitung jangka waktu dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol
bangun ditekan kemudian. Pada saat mode tidur sedang aktif, pengguna
tidak dapat mengakses halaman Path sebelum tombol bangun ditekan.
Apabila pengguna mengaktifkan fitur ini maka akan muncul status tidur di
halaman pengguna sendiri dan pengguna lainnya. Demikian pula halnya
apabila tombol bangun ditekan kemudian.
Mengirim Pesan Kepada Pengguna Lain
Fitur ini merupakan salah satu fitur terbaru Path di mana pengguna
dapat mengirim pesan secara pribadi kepada pengguna lain. Pengguna yang
akan menerima pesan haruslah terlebih dahulu menjadi teman dari
pengguna. Pesan pribadi ini dapat menggunakan huruf,
emoticon maupun stiker yang dapat didapatkan dari fitur belanja.
Komentar
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah komentar untuk
setiap momen dari pengguna lain yang telah menjadi teman. Fitur komentar
dapat digunakan untuk setiap jenis momen yang ada seperti foto, status,
musik, dll.
Emosi
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyatakan emosi yang merupakan
tanggapan dari setiap momen pengguna lain. Emosi yang dapat dipilih
adalah “senyum”, “berkerut”, “terkejut”, “tertawa”, dan “suka”. Setiap
emosi yang dipilih oleh pengguna lain atas momen yang diunggah akan
terlihat pada momen tersebut.
Terlihat
Fitur ini memberikan pengguna informasi atas berapa banyak dari
pengguna lain yang telah melihat momen yang diunggah pengguna. Setiap
pengguna yang telah melihat momen yang diunggah akan terlihat di bagian
khusus dan dapat diakses oleh setiap pengguna.
Path di masa Depan
Path telah berhasil menjadi salah satu jejaring sosial yang terkenal
dan banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Perkembangan ini
tidak terlepas dari beberapa kelebihan Path yang berbeda dari jejaring
sosial lainnya. Kelebihan Path yang sangat menonjol dari jejaring sosial
lainnya adalah jumlah interaksi yang sangat terbatas. Jumlah pengguna
yang dapat berinteraksi dengan satu pengguna dibatasi sampai 150 saja.
Hal ini menjadikan akun dari Path eksklusif dan menjaga privasi dari
pengguna. Selain itu, kelebihan path dalam hal privasi pengguna tidak
memungkinkan pengguna yang tidak disetujui untuk mengakses akun yang
ada. Tidak adanya kolom iklan dan promosi lainnya menjadikan Path lebih
terfokus kepada pengguna sendiri.
Dengan menjamurnya jejaring sosial seperti
Foursquare dan juga
Pinterest
akhir-akhir ini, Path telah menjadi salah satu dari sosial media yang
patut diperhatikan. Path menjadikan berbagi momen lebih mudah dan juga
lebih interaktif. Pengembangan dari Path yang ada menjadikan jejaring
sosial ini terkenal dan menarik banyak pengguna. Fitur-fitur yang
tersedia dalam jejaring sosial ini menggabungkan beberapa fitur yang
terdapat dalam jejaring sosial lain ke dalam satu kemudahan.
Salah satu pendiri Path yang merupakan mantan eksekutif dari jejaring sosial terkenal lainnya yaitu
Facebook,
memberikan banyak pengalaman yang dapat digunakan oleh perusahaan ini
untuk mengembangkan aplikasinya. Pengguna Path dapat berbagi dengan 150
pengguna Path lainnya yang telah disetujui dan juga menjadi jurnal
pribadi dari pengguna. Path memungkinkan pengguna untuk dapat
menampilkan kehidupan mereka di dalam satu aplikasi. Path telah
berkembang dari aplikasi untuk berbagi gambar menjadi aplikasi untuk
berbagi pengalaman secara langsung dengan fitur-fitur yang ada. Dengan
perkembangan pengguna yang telah bertambah 2 juta orang dalam 2 bulan
setelah desain ulang yang dilakukan baru-baru ini, Path tentunya dapat
menjadi jejaring sosial yang solid di masa depan.
Sumber Artikel : http://id.wikipedia.org/wiki/Path_jejaring_sosial