Tugas-tugas yang begitu banyak dan akhirnya menumpuk, ditambah lagi godaan untuk meng-
update
media sosial, sering kali membuat yang harusnya tuntas jadi
terbengkalai. Padahal, kalau dimaksimalkan waktunya, beberapa tugas yang
diberikan atasan bisa selesai tepat waktu. Ada yang salah? Bisa jadi
ada pengaturan waktu dan manajemen pekerjaan yang terlewatkan.
Grace Marshall, ahli dunia kerja dan produktivitas, melihat bahwa
setiap orang mestinya bisa bekerja lebih efisien. Perkembangan teknologi
yang semestinya mendukung pekerjaan, justru menjadi gangguan terbesar.
Dia lalu memberikan beberapa gambaran yang bisa jadi masukan buat
perubahan.
1. Fokus.
Alokasikan waktu sepenuhnya untuk memberi
perhatian lebih pada pekerjaan yang dihadapi. Cobalah lebih fokus dan
memberikan energi pada satu pekerjaan.
2. Gangguan adalah musuh terbesar. Banyak hal yang kerap mengalihkan perhatian. Entah itu
chatting
di ponsel, isu terbaru di situs berita, atau obrolan sesama teman di
ruang kerja. Kurangi distraksi semacam ini, dan sebisa mungkin jangan
sampai terpengaruh. Misalnya dengan mematikan ponsel,
social media, atau
e-mail yang tak penting. Konsentrasilah pada yang dihadapi sehingga tidak mudah terganggu.
3. Multitasking itu hanya mitos. Jika ada
yang bilang setiap orang mestinya bisa mengerjakan banyak hal dalam satu
waktu, anggapan ini hanya mitos. Faktanya seseorang akan bisa fokus dan
maksimal mengerjakan satu hal secara bergantian. Jadi tidak usah
mencoba memikirkan bisa menuntaskan banyak hal dalam satu waktu.
4. Bikin daftar. Saat di kantor, cobalah bikin
daftar tugas yang harus dituntaskan. Baik untuk jangka pendek maupun
jangka panjang. Pembuatan daftar tugas yang harus dikerjakan ini akan
membuat semuanya jadi lebih efisien karena membuat Anda fokus dan siap
mental.
5. Jangan menunda-nunda.
Sering kali karena
menganggap ringan tugas, Anda lantas menunda waktu untuk mengerjakannya.
Dua menit lagi, lima menit lagi, dan seterusnya, sampai akhirnya lupa
untuk menuntaskan. Alhasil, ada banyak waktu yang terbuang percuma.
Cobalah lakukan sekarang, di saat teringat dan sesuai jadwal.
6. Buat pengingat daftar di rumah.
Jika ada daftar
pekerjaan yang harus tuntas di kantor, kenapa tidak membuat pengingatnya
saat Anda berada di rumah? Namun, hal ini sekadar sebagai pengingat,
sekaligus membuat data tambahannya. Sekiranya dibutuhkan, Anda jadi
tidak perlu susah mencari tahu atau kembali ke kantor.
7. Pintar bikin keputusan.
Ada beberapa pekerjaan
yang mungkin datangnya mendadak dan menuntut kecerdasan dalam membuat
keputusan. Dengan bekerja lebih efisien, akan lebih mudah membuat
keputusan, bahkan dalam waktu singkat.
8. Gunakan pengingat waktu.
Dalam setiap jenis
pekerjaan atau tugas, cobalah membuat pengingat waktu, kapan tugas
tersebut bisa dituntaskan. Dengan begini ada konsentrasi yang lebih
tercurah, dan Anda mencoba realistis tanpa menunda-nunda.
9. Ruang yang nyaman.
Sebagian orang membutuhkan
ruang nyaman untuk mengerjakan tugas yang dipunyai. Jadi, kenapa tidak
menciptakannya sendiri? Buat diri senyaman mungkin sehingga bisa
menuntaskannya dengan segera, dan selesai tepat waktu.
10. Uraikan detail. Jika banyaknya pekerjaan membuat
Anda stres, cobalah urai satu per satu. Dengan menjadikannya detail dan
tampak mudah, semua pekerjaan tidak tampak berat dan Anda lebih
bersemangat menuntaskannya.
Related Posts :