Layanan
instant messenger sedang marak belakangan ini. Banyak user
mengunduhnya, bahkan menempati posisi atas dalam daftar unduhan
terbanyak di toko aplikasi seperti Google Play.
Sebut saja Line, KakaoTalk, WeChat dan WhatsApp. Keempat layanan
messenger tersebut terindikasi sedang populer di mata penggunanya.
Sebenarnya, siapa yang menciptakan keempat layanan messaging itu?
Berikut kisah kelahirannya yang disarikan dari berbagai
sumber.
Layanan messaging WeChat dikembangkan oleh Tencent Holding, perusahaan
TI raksasa asal China. Proyek WeChat dimulai pada Oktober 2010 di
Tencent Guangzhou Research and Project Center.
Nama awalnya adalah Weixin yang diusulkan oleh Ma Huateng, CEO Tencent.
Pada April 2011, Weixin diubah namanya menjadi WeChat karena akan
diekspansi secara internasional.
Pada Mei 2011, jumlah pengguna WeChat sekitar 5 juta user. Pada akhir
2011, sudah mencapai 50 juta user. Dan menembus angka 100 juta user pada
Maret 2012.
WeChat tersedia untuk Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone dan
Symbian. Dan mendukung berbagai bahasa termasuk Spanyol, Portugis,
Indonesia sampai Thailand.
Di tengah popularitasnya yang sedang menanjak, WeChat diisukan bakal
dibuat menjadi layanan berbayar. Jelas saja, hal ini disayangkan
pengguna. Namun bos WeChat cepat-cepat menampik isu tersebut.
Dalam pernyataannya seperti dilansir Xinhua, Liu Chiping selaku
President Tencent -- induk usaha WeChat -- menegaskan bahwa WeChat akan
tetap gratis.
Pernyataan ini sekaligus membantah kabar yang dilontarkan Menteri
Industri dan Teknologi Informasi China, Miao Wei, yang menyatakan jika
operator telekomunikasi tengah mempertimbangkan untuk menetapkan biaya
penggunaan layanan WeChat.
Sejak diluncurkan dua tahun yang lalu oleh Tencent, raksasa internet
asal China, pengguna WeChat telah menembus 300 juta secara global,
termasuk di Indonesia.
WeChat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks ponsel
yang dikembangkan oleh Tencent di Cina. Aplikasi ini dapat digunakan
pada beberapa OS, seperti Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone,
dan platform Symbian. Bahasa yang didukung termasuk Bahasa Inggris,
Cina tradisional/disederhanakan, Indonesia, Spanyol, Portugis, Thailand,
Vietnam, dan Rusia. WeChat didukung pada Wi-Fi, 3G, dan data 4G
jaringan.
Pendaftaran dilakukan melalui koneksi Facebook, ponsel SMS / VM, atau
Tencent QQ. Aplikasi ini awalnya diluncurkan sebagai Weixin di Cina
pada bulan Januari 2011, dengan dukungan bahasa internasional pada bulan
Oktober 2011, dan kembali dicap sebagai WeChat pada April 2012 . Hal ini sedang dipromosikan di India melalui situs game ibibo, di mana Tencent memegang taruhan .
Pada Maret 2012, WeChat memiliki lebih dari 200 juta pengguna menurut
Tencent CEO Ma Huateng.
Pada Januari 2013, ia memiliki 300 juta
pelanggan di seluruh dunia . Saat ini, WeChat hadir di Indonesia melalui kerjasama antara MNC Media, Indosat, IndosatM2, Panasonic Gobel Indonesia, Hillhouse Capital Inc, dan Tencent .
Aplikasi ini tersedia di App Store untuk iTunes, Google Play Store untuk Android, BlackBerry App World untuk BlackBerry, dan Marketplace untuk Windows Phone.
Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia semakin
lama semakin pesat. Munculnya proses globalisasi yang begitu cepat
menuntut adanya kemudahan dalam berkomunikasi, baik dari segi
keefektifan ataupun efisiensi biaya. Berdasarkan hal tersebut, munculah
sebuah aplikasi baru yang tidak hanya memudahkan pengguna dalam
berkomunikasi namun memiliki fitur unik lainnya seperti WeChat.
WeChat menghadirkan berbagai fitur baru yang cukup lengkap dimana
pengguna dapat menggunakannya dalam berkomunikasi, antara lain obrolan,
pesan video, momen, pesan suara, emoticon, grup, penambahan teman, dan
facebook connect.
Dalam perkembangannya, saat ini WeChat memiliki pengguna sekitar 200
juta jiwa di seluruh dunia. Penggunaan WeChat saat ini terbatas pada
pengguna smartphone dan Android saja, sehingga pada perkembangannya WeChat bermaksud untuk menghadirkan aplikasi ini kepada pengguna BlackBerry.
Fitur
Obrolan
Secara garis besar, WeChat memiliki tampilan obrolan yang cukup
sederhana dan tidak jauh berbeda dengan obrolan lainnya dimana kolom
text terletak dibawah sejarah obrolan. Disamping itu, terdapat dua icon,
yaitu icon + yang berfungsi untuk membuka opsi tambahan dan icon suara
untuk pesan suara di sebelah kolom text. Latar obrolan pada aplikasi ini
pun dapat diganti sesuai keinginan pengguna dan terdapat fitur pesan
siaran yang dapat disematkan pada aplikasi WeChat ini.
Pesan Video
Pesan video merupakan salah satu fitur unggulan yang diberikan oleh
aplikasi chat ini. Dengan menggunakan fitur ini, maka pengguna dapat
berkomunikasi secara tatap muka melalui berbagai alat komunikasi. Saat
ini, WeChat memiliki pesan video versi 4.2 dan lebih baru yang sedang
dikembangkan.
Cara kerja pesan video pada WeChat :
- Di jendela obrolan, tekan "+" dan pilih "Pesan Video".
- Jika teman Anda tidak mengirim pesan pada Anda dalam 10 menit
terakhir, maka Anda harus mengirim pesan undangan untuk panggilan video
pada teman Anda.
- Pilih "Panggilan Video" lagi di laman obrolan. Teman Anda akan
melihat laman berikut dan tinggal meng-klik tombol Terima untuk memulai.
- Anda dapat beralih antara mode Video dan Audio selama panggilan.
Momen
Momen ialah fitur dari WeChat berupa timeline yang dapat diisi dengan
kata-kata atau foto. Selain itu, timeline yang telah dipublikasikan
dapat juga diberikan komentar baik oleh penggunan yang mengunggah
timeline tersebut ataupun pengguna lainnya. Pada dasarnya, fitur ini
mirip dengan fitur yang terdapat pada Facebook.
Cara kerja moments pada WeChat :
- Pilih "Sosial" -> "Momen". Tekan gambar kamera untuk berbagi foto dengan teman Anda.
- Tentukan keterlihatan foto yang Anda bagi dan gunakan tanda @ untuk orang yang ingin Anda beritahukan tentang posting Anda.
- Suka atau komentari foto teman Anda; Klik tombol komentar untuk langsung membalasnya.
- Pilih "Pengaturan" -> "Momen Saya". Untuk melihat riwayat momen Anda.
Pesan Suara
Fitur pesan suara yang terdapat pada aplikasi WeChat tergolong
sederhana dan mudah untuk digunakan. Pengguna hanya perlu menekan tombol
"Hold to Talk" untuk merekan suara, selanjutnya untuk mengirim pesan
tersebut pengguna hanya perlu melepasnya. Namun apabila pengguna ingin
membatalkan rekaman tersebut, hanya perlu menggerakan jari yang terletak
pada "Hold to Talk" ke tanda X.
Cara kerja pesan suara pada WeChat :
- Tahan tombol "Tahan untuk Bicara" untuk merekam pesan. Lepaskan tombol "Tahan untuk Bicara" untuk mengirim.
- Selama menahan tombol "Tahan untuk Bicara", Anda dapat menggerakkan
jari Anda ke tombol X untuk menghapus dan membatalkan pengiriman pesan
suara yang Anda rekam.
Emoticon
Emoticon yang dimiliki oleh aplikasi ini cukup lengkap dan unik
dibandingkan aplikasi chat lainnya. WeChat memiliki berbagai jenis
emoticon, antara lain
emoji art,
custom emoticon,
emoji, dan
emoticon default. Berbagai jenis emoticon tersebut berisi mulai dari yang sederhana seperti
smiley dan ikon unik hingga animasi gambar yang dapat bergerak.
Cara kerja Emoticon pada WeChat :
- Pilih tombol senyum di jendela obrolan.
- Sempurnakan obrolan Anda dengan beragam pilihan emoticon .
- Pilih "Khusus" -> "+" untuk men-download emoticon dari katalog online kami atau memilih dari album ponsel Anda sendiri.
Grup
Fitur grup pada aplikasi WeChat ini tidak jauh berbeda dengan
aplikasi lainnya. Pengguna dapat membuat sebuah grup dari beberapa
kontak yang ada dan dapat menambahkan anggota grup tersebut apabila
diperlukan. Fitur ini mempermudah penyebaran informasi yang ada kepada
anggota grup tersebut.
Cara kerja group chat pada WeChat :
- Langkah 1: Buka "Obrolan" dan pilih tombol tongkat di sudut kanan atas.
- Langkah 2: Pilih kontak yang diinginkan untuk bergabung ke obrolan grup.
- Langkah 3: Anda masih bisa menambah teman lain ke dalam obrolan grup itu.
Penambahan Temam
Dalam mencari teman, WeChat menyediakan fitur penambahan teman yang terbagi menjadi tiga jenis, antara lain :
Goyang
Fitur ini memudahkan pengguna dalam mencari teman di sekelilingnya.
Cara menggunakan fitur ini yaitu dengan menggerakan alat komunikasi atau
handphone, selanjutnya akan muncul daftar pengguna yang juga sedang
menggunakan fitur ini.
Cara kerja shake pada WeChat :
- Pilih "Sosial" -> "Goyang". Anda akan melihat notifikasi adanya pengguna baru.
- Fitur Goyang memerlukan akses data lokasi Anda. Pastikan Anda telah mengaktifkan Layanan Lokasi dari menu pengaturan iPhone dan WeChat telah diberi izin untuk mengakses data lokasi Anda melalui submenu Layanan Lokasi.
- Goyangkan ponsel dan temukan orang yang juga sedang menggoyang ponsel di saat yang bersamaan.
- Pilihlah seseorang dari "Orang Ditemukan" dan "Kirim Salam" untuk mulai berteman dengannya.
Lihat Sekeliling
Fitur ini hampir sama fungsinya dengan goyang, namun berbeda dalam
penggunaan teknologinya. Lihat sekeliling menggunakan GPS untuk mencari
pengguna lain di sekitarnya.
Cara kerja look around pada WeChat :
- Pilih "Sosial" -> "Lihat Sekeliling" untuk menemukan orang yang
menggunakan WeChat dengan Lihat Sekeliling diaktifkan di dekat Anda.
Pilih salah satu dan “Kirim Ucapan” untuk berteman.
- Lihat Sekeliling diperlukan untuk mengakses data lokasi Anda.
Pastikan Anda telah mengaktifkan Layanan Lokasi dari menu Pengaturan iPhone dan WeChat telah diberikan izin di submenu Layanan Lokasi.
Lempar Botol
Lempar botol merupakan salah satu fitur dalam mencari pengguna
lainnya. Fitur ini dijalankan dengan cara membuang sebuah botol berisi
pesan untuk mendapatkan teman secara acak. Selanjutnya pengguna juga
dapat mencari pengguna lainnya dengan cara mengambil botol yang ada.
Cara kerja drift bottle pada WeChat :
- Pilih "Sosial" -> "Lempar botol". (catatan: Anda mungkin harus
mengaktifkan Lempar botol terlebih dahulu dari
“Pengaturan”->”Plug-in” untuk melihatnya)
- Pilih "Lempar" untuk mengirimkan pesan suara atau teks Anda, lalu
tunggu untuk melihatsiapa yang mengambil botol Anda dan membalas.
- Pilih "Ambil" untuk mengambil botol dari laut. Anda dapat
membalasnya atau melemparnya kembali ke laut. Terkadang Anda tidak
mendapatkan respons. Coba lagi saja.
Facebook Connect
Tampilan untuk menghubungkan akun dengan akun di Facebook.
Fitur ini merupakan sebuah fitur yang cukup sederhana dimana pengguna
dapat masuk atau log in ke aplikasi WeChat dengan menggunakan akun dan
sandi Facebooknya.
Cara kerja facebook connect pada WeChat:
- Pilih Facebook Connect di halaman login untuk masuk dengan akun dan sandi Facebook.
Kelemahan WeChat
- Grup hanya dibatasi 40 anggota
- Fitur goyang dan lempar botol selalu tertuju ke pengguna di Cina
- Suara pesan suara tersimpan di handphone
- Belum adanya fitur untuk melakukan copy dan paste
- Semua anggota grup dapat mengganti sendiri nama grupnya
Perkembangan WeChat di Indonesia
Kehadiran WeChat di Indonesia merupakan hasil dari joint venture
teknologi dan produk mobile antara Tencent selaku perusahaan pengembang
WeChat dan Global Mediacom atau yang lebih dikenal dengan nama MNC Group .
Kerjasama joint venture antara kedua perusahaan tersebut difasilitasi
oleh Hillhouse Capital Manangement. Kemunculan layanan pesan WeChat
sebagai salah satu produk teknologi komunikasi merupakan langkah awal
masuknya Tencent ke Indonesia. Masuknya WeChat ke Indonesia juga
ditandai dengan penayangan iklan TV yang secara resmi telah diluncurkan
sejak tanggal 23 Februari lalu, yang ditayangkan di RCTI, MNC TV dan Global TV (stasiun TV miliki MNC), dengan bintang iklan Gisel.
Disamping itu, perusahaan yang berpusat di Cina tersebut juga akan
mendorong konten lokal, seperti emoticon dan konten lainnya dimana
pelokalan konten tersebut akan dibantu oleh MNC
sebagai media partnernya. Selain itu, joint venture antara kedua
perusahaan itu juga akan menghadirkan tim operasi di Indonesia. Dengan
adanya kerja sama joint venture ini, semua perusahaan yang berada di
bawah manajemen MNC
juga akan memiliki akun resmi di WeChat untuk melakukan interaksi
dengan konsumennya dan sebagai sarana untuk membagikan informasi paling
baru dari perusahaan MNC Group.
Pada perkembangannya, aplikasi yang tersedia di platform BlackBerry, iOS, Android dan Windows Phone
ini memiliki pengguna sebanyak 300 juta jiwa saat ini, sedangkan pada
perkembangannya di Indonesia, sejak penayangan iklan di TV, diklaim
pertumbuhannya naik dari 30 ribu pendaftar tiap hari menjadi 90 ribu
pendaftar untuk setiap harinya.
Find Me On We Chat admin id : maseko_md
Related Posts :